Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Berbasis Tri Hita Karana (THK) di SMK Negeri 2 Seririt

Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa Strata 1 (S1) kependidikan. Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga pendidik. Mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha melaksanakan program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP II) Berbasis falsafah Tri Hita Karana (THK) dengan tujuan karena THK adalah landasan falsafah yang digunakan sebagai dasar baktivitas Undiksha untuk mencapai visi yang di targetkan. Pelaksanaan PLP II berbasis THK ini dilaksanakan selama 8 minggu mulai dari tanggal 15 Agustus – 10 Oktober 2022 di sekolah yang dipilih yaitu SMK Negeri 2 Seririt. Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa selama pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP II) berupa kegiatan observasi, kegiatan praktik mengajar sesuai dengan jurusan/bidang studi yang ditempuh di bangku perkuliahan dan juga kegiatan nonmengajar.

    Pada pelaksanaan program PLP di SMK Negeri 2 Seririt berjalan dengan baik. Meskipun terdapat beberapa kendala yang dihadapi, akan tetapi dengan bimbingan dan kerja sama yang solid baik dengan guru pamong maupun para mahasiswa PLP II sehingga dapat mengatasi permasalahan yang ada. Dukungan dan bimbingan dari berbagai pihak terutama pihak sekolah sendiri sangat membantu kelancaran pelaksanaan program PLP di sekolah. 

1. Kegiatan Mengajar
    Hasil yang diperoleh penulis selama melaksanakan kegiatan PLP khususnya kegiatan mengajar yang dilaksanakan di minggu ke-1 hingga minggu ke-8 adalah sebagai berikut:

Di SMK Negeri 2 Seririt penulis mengajar Administrasi Infrastruktur Jaringan (AIJ) untuk kelas XI TKJ I & II, dan dalam seminggu penulis mengajar sebanyak 4 kali yakni selasa TKJ 2, rabu TKJ 1, dan kamis TKJ 1 dan 2.  sehingga jika dihitung total jam mengajar dari minggu ke-1 hingga ke-8 adalah 32 jam mengajar

Sebelum melaksanakan praktik mengajar, penulis menyiapkan perangkat pembelajaran, meliputi RPP, Modul, Job Sheet serta media agar pelaksanaan praktik mengajar dapat berjalan lancar dan terencana, dalam melaksanakan praktik mengajar, penulias menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, mulai dari ceramah, tanya jawab, diskusi, dan praktik, penilaian dilakukan dengan cara evaluasi secara teori dan hasil praktik; dan setelah selesai mengajar, penulis menyimpulkan materi yang telah dipelajari.


2.    Kegiatan Nonmengajar
    Hasil kegiatan nonmengajar yang diperoleh penulis selama melaksanakan kegiatan PLP yang dilaksanakan di minggu ke-1 hingga minggu ke-4 adalah sebagai berikut.

1)      Penulis, sebagaimana mestinya seluruh guru dan siswa SMK Negeri 2 Seririt, juga mengikuti seluruh kegiatan yang ada di sekolah mulai dari hari senin sampai hari jumat dan full dari pagi hingga sore;

2)      Membantu guru pamong untuk Menyusun administrasi kelas;

3)      Mengikuti upacara bendera yang rutin dilaksanakan setiap hari senin;

4)      Mengikuti doa bersama di lapangan sekolah;

5)      Melaksanakan tugas piket sesuai dengan jadwal yang telah disepakati oleh para mahasiswa pelaksana PLP II Universitas Pendidikan Ganesha;

6)      Penulis ditunjuk oleh Bapak Wakasek Kesiswaan untuk menjadi juri lomba kebersihan kelas dalam rangka hari kemerdekaan;

7)      Penulis ikut membina dan mengawasi serta mengarahkan SPW (Sekolah Pencetak Wirausaha) Tecno Smart dan Sablon yang diselenggarakan oleh sekolah dan dijalankan oleh siswa.

8)      Di hari jumat, penulis mengikuti kegiatan jumat sehat dan jumat bersih, yang diawali dengan senam pagi lalu dilanjutkan dengan kegiatan kebersihan di lingkungan sekolah. Penulis mengikuti kegiatan kebersihan dan juga sekaligus mengawasi siswa yang sedang melakukan kebersihan.

3. Implementasi THK dalam Kegiatan Mengajar dan Nonmengajar

1.    Parahyangan

Melaksanakan persebahyangan (doa bersama) setiap hari dan pada hari-hari tertentu seperti purnama/tilem oleh siswa dan warga sekolah lainnya sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.

2.    Pawongan

Menjalin hubungan yang baik antar warga sekolah, seperti saling menghormati satu sama lain baik antar sesama siswa, siswa dengan guru, siswa dan mahasiswa PLP II, mahasiswa dan guru, para dewan guru serta warga sekolah lainnya.

3.    Palemahan

       Warga sekolah SMKN 2 Seririt harus selalu menjaga kebersihan dan melestarikan lingkungan sekolah, dalam giat menjaga lingkungan sekolah agar tetap bersih siswa  mengadakan piket harian di setiap kelas.

4. Simpulan

Setelah dilaksanakannya kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan II (PLP II) selama 8 minggu dari tanggal 22 Agustus – 08 Oktober 2022 di SMK Negeri 2 Seririt, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:

1.    Kegiatan PLP II memberikan bekal berupa pengalaman bagi mahasiswa yang nantinya dapat digunakan ketika mahasiswa terjun dalam profesi sebagai tenaga pendidik.

2.    Meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam kehidupan nyata di sekolah atau lembaga pendidikan.

3.    Kegiatan PLP II menjadikan mahasiswa lebih mengetahui kedudukan, fungsi, peran, tugas dan tanggung jawab sekolah khususnya guru secara nyata. Semua itu mempunyai tujuan yang sama meskipun mempunyai bidang kerja atau gerak yang berbeda. Tujuan yang dimaksud adalah berhasilnya proses belajar mengajar yang ditentukan sebelumnya.

4.    Empat kompetensi yang harus dimiliki oleh guru, yaitu: kompetensi, pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial.

5.    Mahasiswa sebagai calon tenaga kependidikan dalam kaitannya dengan kompetensi professional dituntut memiliki kompetensi lain seperti: personality dan sociality dan program PLP II ini memberikan kontribusi yang nyata.

6.    Hambatan yang ada didalam kelas saat PBM berlangsung yaitu kurangnya minat siswa dalam belajar, sikap siswa ataupun tingkah laku siswa yang kurang mendukung atau tidak kondusif saat belajar. Hambatan ini menjadikan mahasiswa kesulitan dalam mengkondisikan kelas yang gaduh, solusi yang dilakukan adalah mengadakan diskusi,, juga melakukan pendekatan terhadap siswa yang membuat gaduh, dan lebih interaktif terhadap siswa

 

 

 

 

Komentar

Postingan Populer