PT. PLN (Persero) ULP NEGARA

Dalam perkembangan bangsa saat ini para mahasiswa dituntut mempunyai kemampuan yang bukan hanya pengetahuan teori tetapi juga membutuhkan pengetahunan praktik. Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah sebuah ajang bagi mahasiswa untuk menerapkan teori-teori yang diterima saat proses pembelajaran di bangku kuliah kedalam dunia kerja yang sebenarnya.

Perguruan tinggi adalah salah satu lembaga pendidikan yang mempersiapkan mahasiswa untuk dapat bermasyarakat, khususnya pada disiplin ilmu yang telah dipelajari selama mengikuti perkuliahan. Dalam dunia pendidikan hubungan antara teori dan praktek merupakan hal penting untuk membandingkan serta membuktikan sesuatu yang telah dipelajari dalam teori dengan keadaan sebenarnya dilapangan. Diharapkan mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini bisa bekerja sama antar individu dengan baik, memiliki sikap yang ulet, jujur dan bertanggung jawab dalam bekerja nantinya.

Universitas Pendidikan Ganesha merupakan salah satu perguruan tinggi yang ada di Singaraja yang menghasilkan sumber daya manusia yang mampu bersaing di dunia kerja dan telah menghasilkan alumni-alumni yang berkualitas dari tiap-tiap disiplin ilmu yang membidanginya. Salah satunya yaitu bidang S1 Pendidikan Teknik Elektro yang menghasilkan tenaga kerja siap pakai di dunia kerja nantinya.

Salah satu syarat menyelesaikan pendidikan di Universitas Pendidikan Ganesha khususnya program studi Pendidikan Teknik Elektro dilakukannya Praktek Kerja Lapangan. Praktek Kerja Lapangan ini bertujuan agar mahasiswa dapat mengenal dunia kerja yang sebenarnya, mempraktekkan teori yang diperoleh dari perkuliahan pada kantor atau perusahaan, baik swasta maupun pemerintah. Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini dilaksanakan penulis di ULP Negara.   

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau biasa disingkat menjadi PLN, adalah sebuah badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak di bidang ketanagalistrikan. Dalam pelayanan pendistribusian kelistrikan, PLN membagi-bagi fungsi unit induknya ke dalam beberapa unit induk berdasarkan pada sistem tenaga listrik yaitu pembangkitan, transmisi, dan distribusi. Selain itu ada juga unit induk atau pusat-pusat lain sebagai penunjang berlangsungnya perusahaan. Dengan cakupan wilayah yang sangat luas PLN memiliki unit-unit di seluruh wilayah Indonesia yang mempunyai fungsi masing-masing sesuai dengan unit induknya.

satu dari unit induk PLN adalah Unit Induk Distribusi, yang mana unit ini  berfungsi sebagai pengatur beban distribusi dan pemeliharaan pada cell 20 kv gardu induk, yang mana dibawah unit induk ini terdapat beberapa unit lagi seperti:

  •  Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D): sub-unit untuk pengaturan pembebanan di sisi Distribusi ke pelanggan
  • Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3): Setara dengan UP2D, yaitu sub-unit untuk pelayanan pelanggan dan pelayanan Jaringan listrik Distribusi
  • Unit Layanan Pelanggan (ULP): Sub-unit di bawah UP3 yang membantu pengurusan pelayanan pelanggan dan Pelayanan Jaringan Listrik Distribusi lebih dekat dengan ruang lingkup wilayah lebih kecil.

ULP Negara adalah salah satu Unit Layanan Pelanggan yang berada di bawah UP3 BARA (Bali Utara), dengan cakupan wilayah kabupaten jembrana mulai dari desa pengeragoan sampai banyubiru. Selama melaksanakan kegiatan PKL di ULP Negara yang berlangsung dari tanggal 23 Februari 2023 – 7 Juli 2023, penulis ditempatkan di Tim Teknik. Bagian bidang pangawasan pekerjaan lapangan dan survey pekerjaan jaringan. Dibawah ini adalah tugas-tugas dan kegiatan penulis yang selama menjalani kegiatan PKL di PT PLN (Persero) ULP Negara

1.      Membantu pengawasan pekerjaan jaringan




Dalam kegiatan ini penulis diberikan arahan untuk membantu mengkordinir pekerja vendor dalam bekerja dengan mengawasi pekerjaan supaya sesuai dengan standar dan aturan yang ditetapkan dalam sebuah jaringan listrik.

 

2.      Membantu melakukan pemadaman Gardu

Dalam kegiatan ini penulis diberikan tugas untuk melakukan pemadaman Gardu untuk mengurangi beban jaringan dalam proses pemdaman jaringan pada pelepasan COP.


                            Gambar 2: Pengubahan handle on ke off PHB TR


3. Melakukan uji pentanahan dalam pemasangan ground



                          Gambar 3 : Pengujian pentanahan area grounding


Dalam kegiatan ini penulis diberikan tugas untuk menguji pentanahan pada area pamasangan elektroda untuk pemasangan grounding pada jaringan. Kegiatan ini melibatkan alat ukur earth tester dengan menghitung nilai tahanan pada area yang akan dipasangkan elektroda.

Tujuan dari pentanahan adalah sebagai berikut:

1)      Menjamin keselamatan orang dari sengatan listrik baik dalam keadaan normal atau tidak dari tegangan sentuh dan tegangan langkah.

2)      Menjamin kerja peralatan listrik/elektronik.

3)      Mencegah kerusakan peralatan listrik/elektronik.

4)      Menyalurkan energi serangan petir ke tanah.

5)      Menstabilkan tegangan dan memperkecil kemungkinan terjadinya flashover.

6)      Pengetanahan peralatan berlainan dengan pengetanahan sistem, yaitu pengetanahan bagian dari peralatan yang pada kerja normal tidak dilalui arus.


Selama melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di ULP Negara, penulis mendapatkan banyak pengalaman yang baru dan juga mendapatkan pengetahuan tentang cara kerja didalam Lembaga Pemerintah dan bagaimana proses kerja dalam bidang infrastruktur jaringan listrik  penulis juga mendapatkan banyak pembelajaran terkait standar – standar dalam kelistrikan, material - material jaringan listrik, dan cara penggunaan alat – alat uji dalam jaringan listrik.



 

Komentar

Postingan Populer